Selasa, 21 Desember 2010

Bilbao Tahan Barcelona Tanpa Gol

 Copa del Rey: Xavi Hernandez (Barcelona), Javi Martinez (Athletic Bilbao) (Getty Images)
Barcelona mengalami kesulitan untuk menembus grendel Athletic Bilbao, sehingga harus puas meraih hasil imbang dalam pertandingan leg pertama 16 Besar Copa del Rey di Stadion Nou Camp, Rabu [22/12] dinihari WIB.

Dengan hasil itu, maka Bilbao menjadi tim kedua yang mampu memaksa Barcelona tidak bisa mencetak gol ke gawang lawannya pada musim ini. Tim pertama yang membuat Barcelona tak bisa melesakkan gol adalah Hercules ketika mengalahkan Blaugrana 2-0 di ajang La Liga Spanyol.

Bermain di Nou Camp dengan tribun yang hanya terisi separuh, pelatih Pep Guardiola tetap menerapkan permainan menyerang sekalipun membangkucadangkan sejumlah pemain pilar seperti Victor Valdes, Carles Puyol, David Villa dan Lionel Messi.

Namun, taktik ultra defensive yang dikembangkan pelatih Bilbao Joaquin Caparros membuat serangan Barcelona menemui jalan buntu. Barcelona kesulitan menembus pertahanan lawan, karena jarak antara lima gelandang dan empat pemain belakang sangat rapat.<script type="text/javascript" src="http://ad.doubleclick.net/adj/gna.id/level2;tile=2;sz=160x600;ord=524060?area=2l&pos=2&ord=524060"></script>

Hasilnya, umpan silang maupun terobosan selalu dengan mudah dimentahkan pemain Bilbao. Bojan Krkic menjadi pemain pertama yang memaksa kiper Gorka Iraizoz untuk menangkap bola.

Andres Iniesta kemudian mendapatkan peluang untuk menjebol gawang Bilbao. Tendangan melengkungnya berhasil dipatahkan Iraizoz pada kesempatan pertama. Di usahanya yang kedua, tendangan Iniesta masih melambung di atas mistar gawang.

Di babak kedua, Guardiola memasukkan Lionel Messi menggantikan Seydou Keita, dan David Villa mengisi posisi Bojan. Kehadiran dua pemain ini memberi perubahan dalam permainan Barcelona menjadi semakin agresif.

Kendati demikian, kedisiplinan pemain Bilbao dalam memperkuat barisan pertahanan masih sulit ditembus dua striker Barcelona itu. Ditambah umpan yang diberikan kepada Messi dan Villa tidak terlalu banyak.

Walaupun begitu, Gerard Pique sempat membuat pertahanan Bilbao kerepotan menjelang laga berakhir. Namun, tendangannya masih melambung di atas mistar gawang. Hingga laga berakhir, skor imbang tanpa gol ini tetap bertahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ardymilan_8